PROGRAM
KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN
JARINGAN
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN (SMK)
MA’ARIF
NAHDLATUL ULAMA PANDEGLANG
2012
KATA PENGANTAR
Untuk mendukung pelaksanaan Program Praktek Kerja Lapangan (PPKL) program
keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) telah memberikan pengarahan pada
siswa-siswa SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA. Dan sebagai pelengkap pengarahan
tersebut juga diperlukan suatu buku panduan yang dapat menjadi acuan dalam
pelaksanaan PPKL maupun penyusunan laporannya.
Dengan adanya buku ini diharapkan siswa-siswi akan mendapatkan
panduan tentang apa yang harus dilakukan ketika akan memprogram PPKL, ketika
akan melakukan penyusunan laporan, sampai akhirnya melakukan seminar akhir PPKL.
Selain itu dengan buku ini juga diharapkan dapat memberi pedoman
pada guru pembimbing ketika memberikan bimbingan pada siswa-siswi sehingga
laporan PPKL siswa-siswi memiliki standar yang sama.
Penulis menyadari bahwa masih banyak materi yang perlu dibahas
lebih dalam, untuk itu penulis sangat mengharapkan adanya saran dan kritik yang
membangun untuk penyempurnaan buku pedoman ini.
Pandeglang, Maret 2012
Ketua panitia PPKL
MUHAMAD MAULANA LUTHFI
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR............................................................................................
DAFTAR ISI............................................................................................................
BAB I
PEMROGRAMAN PPKL.........................................................................
1.1. Definisi...............................................................................................................
1.2. Kriteria
Perusahaan/Instansi...............................................................................
1.3. Persyaratan Akademik........................................................................................
1.4. Tata Cara Pengambilan.......................................................................................
1.5. Pelaksanaan &
Penyelesaian PPKL....................................................................
1.6. Tata Cara Permohonan
Seminar PPKL...............................................................
1.7. Evaluasi PPKL....................................................................................................
BAB II STRUKTUR KEPANITIAAN PPKL....................................................
2.1. Sturktur PPKL....................................................................................................
2.2.Guru pembimbing sekolah...................................................................................
2.3. Peserta PPKL......................................................................................................
2.4. Tata tertib PPKL.................................................................................................
BAB
III PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PPKL................................
3.1. Isi Laporan PPKL...............................................................................................
3.2. Teknik Penulisan.................................................................................................
3.3. Aturan Pencetakan
Laporan PPKL....................................................................
3.4. Mekanisme Penyerahan
Laporan PPKL.............................................................
LAMPIRAN.............................................................................................................
1. Form PPKL-1 Persetujuan Perusahaan/lapangan
2. Form PPKL-2 Pengajuan PPKL
3. Form PPKL-3 Tabel Kegiatan pelaksanaan PPKL
4. Form PPKL-4 Penilaian untuk perusahaan/lapangan
5. Form PPKL-5 Lembar Konsultasi Bimbingan
6. Format Laporan PPKL
ü Format Halaman Sampul Laporan PPKL
ü Format Halaman Pengesahan PPKL
7. Form PPKL-6 Pengajuan Seminar PPKL
8. Form PPKL-7 Berita Acara PPKL
9. Form PPKL-8 Presensi Peserta Seminar PPKL
BAB I
PEMROGRAMAN PPKL
1.1.
Definisi
PPKL adalah Program Praktek
Kerja Lapangan yang dikerjakan secara berkelompok (antara 3sampai 4 orang
siswa-siswi) untuk memberikan pengalaman praktis penerapan bidang keahlian
dengan mempelajari suatu sistem pada suatu perusahaan/lapangan / lembaga /
instansi serta memberikan alternatif solusi atas permasalahan yang ada dan
melaporkannya dalam bentuk karya ilmiah.
1.2.
Kriteria
Instansi/lapangan
Ø Perusahaan/Intansi/ industry yang memiliki fasilitas sesuai
kompetensi keahlian.
Ø Memiliki Sistem Informasi.
Ø Memiliki Jaringan Komputer (Untuk Topik Jaringan Komputer).
Ø Bersedia Menugaskan 1 orang Pendamping dari perusahaan/lapangan
selama pelaksanaan PPKL.
1.3.
Persyaratan Akademik :
Ø Siswa – siswi SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA
Ø Kelas XI (sebelas)
Ø Telah menyelesaikan semester ganjil.
1.4.
Tata Cara Pengambilan :
Ø Siswa-siswi mengajukan tempat PPKL pada Ka. Prog masing-masing
dengan membawa form PPKL-1 kemudian menyerahkannya ke panitia.
Ø Pada saat yang telah ditentukan (seperti yang tercantum di
kalender akademik) siswa-siswi harus melakukan pengajuan PPKL dengan mengisi
form PPKL-2 dan menyertakan Surat balasan dari perusahaan/industry dan SK PPKL
bagi yang perpanjangan).
Ø Bila pengajuan PPKL sudah di ACC, SK Bimbingan dapat diambil di
PANITIA pada jadwal yang telah ditentukan.
1.5.
Pelaksanaan &
Penyelesaian PPKL
Tahap 1 :
Melakukan praktek kerja. Praktek kerja di perusahaan/lapangan
minimal dilaksanakan selama satu bulan.
Tahap 2 : Penyusunan
Laporan. Untuk menyelesaikan PPKL,
siswa-siswi wajib melakukan konsultasi
pada guru pembimbing yang ditunjuk.
Tahap 3 : Seminar PPKL.
Batas maksimum maju seminar adalah 1 bulan dari
tanggal disahkannya SK PPKL
Tahap 4 : Penyerahan Laporan.
Jumlah laporan yang wajib diserahkan adalah satu untuk perpustakaan sedangkan untuk guru
pembimbing dan perusahaan/lapangan tergantung kebutuhan.
Catatan :
Ø Bila sampai batas tanggal SK berakhir tapi belum melaksanakan
tahap 3 maka siswa-siswi harus melakukan PPKL ulang. (pada tahap ini siswa-siswi harus melakukan pemrograman PPKL
seperti pengambilan baru namun dengan judul/obyek yang sama).
Ø Status PPKL ulang hanya berlaku satu periode, selebihnya harus
mengajukan permohonan pengambilan PPKL baru dengan judul/obyek yang baru.
Ø Jadwal kegiatan pelaksanaan PPKL SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA :
NO
|
Nama Kegitan
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Tempat Pelaksanaan
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
1.6.
Tata cara permohonan
seminar PPKL
Ø Syarat pengajuan permohonan seminar PPKL :
·
Telah dinyatakan selesai
melaksanakan PPKL dari tempat pelaksanaan PPKL dengan menunjukkan surat
pernyataan selesai PPKL dan nilai PPKL dari perusahaan/lapangan.
·
Telah dinyatakan selesai
penyusunan laporan dan layak seminar oleh guru pembimbing dengan mengisi
form permohonan seminar PPKL
Ø Langkah-langkah pengajuan seminar PPKL
·
Mengisi form permohonan
seminar PPKL
Ø Menyerahkan nilai PPKL dari perusahaan/lapangan pada guru
pembimbing
BAB II
STURKTURAL PPKL
2.1. Struktural Kepanitiaan PPKL
Penanggung
Jawab
Kepala Sekolah SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA
Nandang Kosim,M.Pd
Ketua
Pelaksana
Muhamad maulana Luthfi
Sekretaris
Rahmatullah
Bendahara
Intan Kartika sari, S.Pd
Kordinator PPKL
----------
2.2. Guru pembimbing sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tttt
2.3. Peserta PPKL
Nama – nama Peserta PPKL SMK MA’ARIF
NAHDLATUL ULAMA
Ttttttt
2.4. Tata Tertib PPKL
2.4.1.
Mentaati
peraturan perusahaan/industry yang ditempatinya.
2.4.2.
Berpakaian
sopan dan rapih.
2.4.3.
Dapat
menjaga nama baik sekolah dan perusahaan/industry.
2.4.4.
Berprilaku
yang mencerminkan siswa yang berpendidikan.
2.4.5.
Dapat
bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan.
2.4.6.
Mentaati
guru pembimbing dan pembibmbing perusahaan/industry.
2.4.7.
Dapat
bekerja keras.
BAB III
PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PPKL
2.1. ISI LAPORAN PPKL
Laporan PPKL terbagi menjadi
3 bagian, yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian
akhir. Bagian awal dan bagian akhir untuk semua konsentrasi studi sama,
sedangkan bagian
inti tidak semuanya sama. Pada bagian inti, untuk semua
konsentrasi studi bab I sampai bab
III dan bab V sama,
sedangkan bab IV tergantung dari konsentrasi studi siswa-siswi. Secara
umum bagian dari laporan PPKL
tersebut adalah sebagai berikut :
2.1.1. BAGIAN AWAL
ü Halaman Sampul
ü Halaman Logo (logo timbul)
ü Halaman Judul (sama dengan halaman sampul)
ü Halaman Pengesahan
ü Kata Pengantar
ü Daftar Isi
ü Daftar Tabel
ü Daftar Gambar
ü Daftar Lampiran
ü Daftar Lainnya
2.1.2. B. BAGIAN INTI
ü BAB 1 PENDAHULUAN
·
Latar Belakang
·
Ruang Lingkup
·
Tujuan dan Manfaat
·
Sistematika Penulisan
ü BAB 2 TINJAUAN UMUM
·
Gambaran umum
Perusahaan/lapangan
·
Struktur Organisasi dan job
Deskripsi
·
Sejarah Perusahaan/lapangan
·
Sistem yang sedang berjalan
ü BAB 3 URAIAN KEGIATAN
·
Tabel Kegiatan pelaksanaan PPKL
·
Uraian kegiatan PPKL
ü BAB 4 PEMBAHASAN MASALAH (sesuai dengan topik)
·
Permasalahan
·
Usulan pemecahan masalah
ü BAB 5 PENUTUP
·
Kesimpulan
·
Saran
2.1.3. BAGIAN AKHIR
ü DAFTAR PUSTAKA
ü LAMPIRAN
·
Surat Keterangan diterima
PPKL dengan kop surat, tanda tangan dan
stempel asli dari
perusahaan/lapangan
·
Surat Keterangan selesai PPKL
dengan kop surat, tanda tangan dan stempel
asli dari
perusahaan/lapangan
·
SK PPKL
·
Foto Kegiatan
·
Sumber Dokumen
Berikut adalah bab IV untuk
masing-masing topik :
Untuk Topik : PERAKITAN PC
BAB IV PEMBAHASAN
ü Permasalahan
·
Mendeskripsikan bagai mana
cara memperbaiki PC yang rusak.
·
Misal : Bentuk pendahuluan
harus menjelaskan dahulu mengenai ringkasan isi buku serta poin-poin sentral
yang ditonjolkan sehingga laporan dapat mencerminkan kegiatan PPKL.
ü Ulasan permasalahan
·
Menjelaskan lebih rinci dari
permasalahan dalam memperbiki PC yang rusak.
·
Missal : melakukan
pengetesan Power Suplay (PS) dengan menggunakan tester.
BAB IV PEMBAHASAN MASALAH
Ø Permasalahan
·
Mendeskripsikan permasalahan
yang timbul pada sistem informasi yang menjadi pokok bahasan.
Ø Usulan pemecahan masalah
·
Melakukan desain sistem yang
diusulkan (Desain Proses, Desain Data, desain interface)
Untuk Topik : Jaringan
BAB IV PEMBAHASAN MASALAH
Ø Permasalahan
·
Mendeskripsikan permasalahan
yang timbul pada jaringan computer yang menjadi pokok bahasan(infrastruktur,
manajemen IP & bandwith)
Ø Usulan pemecahan masalah
·
Melakukan desain jaringan
yang diusulkan (infrastruktur, manajemen IP & bandwith)
·
Implementasi jaringan (Bila
diminta oleh perusahaan/lapangan)
2.2.TEKNIK PENULISAN
ü Ukuran kertas A4, 70 Gram
ü Batas kanan & batas atas 3 cm, sedangkan batas bawah dan batas
kiri 4 cm
ü Jarak Ketikan adalah 2 (dua) spasi
ü Tipe font Time New Roman
ü Penomoran Bab serta subbab
ü Ukuran huruf 12
- Bab dinomori dengan
menggunakan angka romawi.
- Subbab dinomori dengan
menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor
bab/subbab dimana bagian ini
terdapat.
Contoh :
II ………. (Judul Bab)
2.1 ………………..(Judul Subbab)
2.2 ………………..(Judul Subbab)
2.2.1 ………………(Judul
Sub-Subbab)
- Penulisan nomor dan judul
bab di tengah; dengan huruf besar, ukuran font 14,
tebal.
- Penulisan nomor dan judul
subbab; dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar,
ukuran font 12, tebal.
ü Penomoran Halaman
- Bagian Awal, nomor halaman
ditulis dengan angka romawi huruf kecil
(i,ii,iii,iv,…).Posisi di
tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul
dan lembar pengesahan, nomor
halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
- Bagian inti, nomor halaman
ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari bab
pertama adalah halaman nomor
satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal
bab di bagian bawah tengah,
sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
- Bagian akhir, nomor halaman
ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin
dan merupakan kelanjutan
dari penomoran pada bagian inti.
ü Judul dan Nomor Gambar / Grafik / Tabel
- Judul gambar/grafik
diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
- Judul tabel diketik di
bagian atas kiri dari tabel.
- Penomoran
gambar/grafik/tabel tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh :
gambar 3.1 berarti gambar
pertama yang ada di bab III.
2.3.ATURAN PENCETAKAN LAPORAN PPKL
Ø Satu kelompok PPKL hanya mencetak satu buku laporan PPKL
Ø Cover laporan adalah Soft Cover berwarna biru dengan format
seperti pada
lampiran
Ø Tebal laporan minimal 20 halaman (Bab 1 – Bab 5), belum termasuk
lampiran
2.4.MEKANISME PENYERAHAN LAPORAN PPKL
Ø Laporan praktek kerja yang telah ditanda tangani pembimbing
disahkan ke PANITIA
(distempel)
Ø Laporan yang telah disahkan diserahkan ke perpustakaan
Lampiran
1.
Form PPKL-1 Persetujuan Perusahaan/lapangan
2.
Form PPKL-2 Pengajuan PPKL
3.
Form PPKL-3 Tabel Kegiatan pelaksanaan PPKL
4.
Form PPKL-4 Penilaian untuk perusahaan/lapangan
5.
Form PPKL-5 Lembar Konsultasi Bimbingan
6.
Format Laporan PPKL
ü Format
Halaman Sampul Laporan PPKL
ü Format
Halaman Pengesahan PPKL
7.
Form PPKL-6 Pengajuan Seminar PPKL
8.
Form PPKL-7 Berita Acara PPKL
9.
Form PPKL-8 Presensi Peserta Seminar PPKL
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan