Kamis, 22 Maret 2012

buku panduan smk maarif nu pandeglang

 

       




























PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN
JARINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)
MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA PANDEGLANG
2012




KATA PENGANTAR




Untuk mendukung pelaksanaan  Program Praktek Kerja Lapangan (PPKL) program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) telah memberikan pengarahan pada siswa-siswa SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA. Dan sebagai pelengkap pengarahan tersebut juga diperlukan suatu buku panduan yang dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan PPKL maupun penyusunan laporannya.
Dengan adanya buku ini diharapkan siswa-siswi akan mendapatkan panduan tentang apa yang harus dilakukan ketika akan memprogram PPKL, ketika akan melakukan penyusunan laporan, sampai akhirnya melakukan seminar akhir PPKL.
Selain itu dengan buku ini juga diharapkan dapat memberi pedoman pada guru pembimbing ketika memberikan bimbingan pada siswa-siswi sehingga laporan PPKL siswa-siswi memiliki standar yang sama.
Penulis menyadari bahwa masih banyak materi yang perlu dibahas lebih dalam, untuk itu penulis sangat mengharapkan adanya saran dan kritik yang membangun untuk penyempurnaan buku pedoman ini.











Pandeglang,        Maret 2012
Ketua panitia PPKL




MUHAMAD MAULANA LUTHFI

            DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR............................................................................................
DAFTAR ISI............................................................................................................
BAB I PEMROGRAMAN PPKL.........................................................................
1.1. Definisi...............................................................................................................
1.2. Kriteria Perusahaan/Instansi...............................................................................
1.3. Persyaratan Akademik........................................................................................
1.4. Tata Cara Pengambilan.......................................................................................
1.5. Pelaksanaan & Penyelesaian PPKL....................................................................
1.6. Tata Cara Permohonan Seminar PPKL...............................................................
1.7. Evaluasi PPKL....................................................................................................

BAB II STRUKTUR KEPANITIAAN PPKL....................................................
2.1. Sturktur PPKL....................................................................................................
2.2.Guru pembimbing sekolah...................................................................................
2.3. Peserta PPKL......................................................................................................
2.4. Tata tertib PPKL.................................................................................................

BAB III  PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PPKL................................            
3.1. Isi Laporan PPKL...............................................................................................
3.2. Teknik Penulisan.................................................................................................
3.3. Aturan Pencetakan Laporan PPKL....................................................................
3.4. Mekanisme Penyerahan Laporan PPKL.............................................................

LAMPIRAN.............................................................................................................
1.      Form PPKL-1 Persetujuan Perusahaan/lapangan
2.      Form PPKL-2 Pengajuan PPKL
3.      Form PPKL-3 Tabel Kegiatan pelaksanaan PPKL
4.      Form PPKL-4 Penilaian untuk perusahaan/lapangan
5.      Form PPKL-5 Lembar Konsultasi Bimbingan
6.      Format Laporan PPKL
ü  Format Halaman Sampul Laporan PPKL
ü  Format Halaman Pengesahan PPKL
7.      Form PPKL-6 Pengajuan Seminar PPKL
8.      Form PPKL-7 Berita Acara PPKL
9.      Form PPKL-8 Presensi Peserta Seminar PPKL






BAB I
PEMROGRAMAN PPKL

1.1.         Definisi
PPKL adalah  Program Praktek Kerja Lapangan yang dikerjakan secara berkelompok (antara 3sampai 4 orang siswa-siswi) untuk memberikan pengalaman praktis penerapan bidang keahlian dengan mempelajari suatu sistem pada suatu perusahaan/lapangan / lembaga / instansi serta memberikan alternatif solusi atas permasalahan yang ada dan melaporkannya dalam bentuk karya ilmiah.

1.2.         Kriteria Instansi/lapangan
Ø  Perusahaan/Intansi/ industry yang memiliki fasilitas sesuai kompetensi keahlian.
Ø  Memiliki Sistem Informasi.
Ø  Memiliki Jaringan Komputer (Untuk Topik Jaringan Komputer).
Ø  Bersedia Menugaskan 1 orang Pendamping dari perusahaan/lapangan selama pelaksanaan PPKL.

1.3.         Persyaratan Akademik :
Ø  Siswa – siswi SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA
Ø  Kelas XI (sebelas)
Ø  Telah menyelesaikan semester ganjil.

1.4.         Tata Cara Pengambilan :
Ø  Siswa-siswi mengajukan tempat PPKL pada Ka. Prog masing-masing dengan membawa form PPKL-1 kemudian menyerahkannya ke panitia.
Ø  Pada saat yang telah ditentukan (seperti yang tercantum di kalender akademik) siswa-siswi harus melakukan pengajuan PPKL dengan mengisi form PPKL-2 dan menyertakan Surat balasan dari perusahaan/industry dan SK PPKL bagi yang perpanjangan).
Ø  Bila pengajuan PPKL sudah di ACC, SK Bimbingan dapat diambil di PANITIA  pada jadwal yang telah ditentukan.

1.5.         Pelaksanaan & Penyelesaian PPKL
Tahap 1     :   Melakukan praktek kerja. Praktek kerja di perusahaan/lapangan minimal dilaksanakan selama satu bulan.
Tahap 2 : Penyusunan Laporan. Untuk menyelesaikan PPKL, siswa-siswi wajib    melakukan konsultasi pada guru pembimbing yang ditunjuk.


Tahap 3 : Seminar PPKL. Batas maksimum maju seminar adalah 1 bulan dari
tanggal disahkannya SK PPKL
Tahap 4 : Penyerahan Laporan. Jumlah laporan yang wajib diserahkan adalah satu  untuk perpustakaan sedangkan untuk guru pembimbing dan perusahaan/lapangan tergantung kebutuhan.

Catatan :
Ø  Bila sampai batas tanggal SK berakhir tapi belum melaksanakan tahap 3 maka siswa-siswi harus melakukan PPKL ulang. (pada tahap ini siswa-siswi harus melakukan pemrograman PPKL seperti pengambilan baru namun dengan judul/obyek yang sama).
Ø  Status PPKL ulang  hanya berlaku satu periode, selebihnya harus mengajukan permohonan pengambilan PPKL baru dengan judul/obyek yang baru.

Ø  Jadwal kegiatan pelaksanaan PPKL SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA :

NO
Nama Kegitan
Tanggal Pelaksanaan
Tempat Pelaksanaan
1



2



3



4



5



6



7





1.6.         Tata cara permohonan seminar PPKL
Ø  Syarat pengajuan permohonan seminar PPKL :
·         Telah dinyatakan selesai melaksanakan PPKL dari tempat pelaksanaan PPKL dengan menunjukkan surat pernyataan selesai PPKL dan nilai PPKL dari perusahaan/lapangan.
·         Telah dinyatakan selesai penyusunan laporan dan layak seminar oleh guru pembimbing dengan mengisi form permohonan seminar PPKL
Ø  Langkah-langkah pengajuan seminar PPKL
·         Mengisi form permohonan seminar PPKL
Ø  Menyerahkan nilai PPKL dari perusahaan/lapangan pada guru pembimbing



BAB II
STURKTURAL PPKL


2.1.   Struktural Kepanitiaan PPKL

Penanggung Jawab
Kepala Sekolah SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA
Nandang Kosim,M.Pd
Ketua Pelaksana
Muhamad maulana Luthfi
Sekretaris                                                    
Rahmatullah  
Bendahara
Intan Kartika sari, S.Pd
Kordinator PPKL
----------



2.2.   Guru pembimbing sekolah




















Tttt
2.3.   Peserta PPKL
Nama – nama Peserta PPKL SMK MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA
Ttttttt
2.4.   Tata Tertib PPKL
2.4.1.  Mentaati peraturan perusahaan/industry yang ditempatinya.
2.4.2.  Berpakaian sopan dan rapih.
2.4.3.  Dapat menjaga nama baik sekolah dan perusahaan/industry.
2.4.4.  Berprilaku yang mencerminkan siswa yang berpendidikan.
2.4.5.  Dapat bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan.
2.4.6.  Mentaati guru pembimbing dan pembibmbing perusahaan/industry.
2.4.7.  Dapat bekerja keras.



























BAB III
PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PPKL

2.1. ISI LAPORAN PPKL
Laporan PPKL terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian
akhir. Bagian awal dan bagian akhir untuk semua konsentrasi studi sama, sedangkan bagian
inti tidak semuanya sama. Pada bagian inti, untuk semua konsentrasi studi bab I sampai bab
III dan bab V sama, sedangkan bab IV tergantung dari konsentrasi studi siswa-siswi. Secara
umum bagian dari laporan PPKL tersebut adalah sebagai berikut :
2.1.1.   BAGIAN AWAL
ü  Halaman Sampul
ü  Halaman Logo (logo timbul)
ü  Halaman Judul (sama dengan halaman sampul)
ü  Halaman Pengesahan
ü  Kata Pengantar
ü  Daftar Isi
ü  Daftar Tabel
ü  Daftar Gambar
ü  Daftar Lampiran
ü  Daftar Lainnya

2.1.2.   B. BAGIAN INTI
ü  BAB 1 PENDAHULUAN
·         Latar Belakang
·         Ruang Lingkup
·         Tujuan dan Manfaat
·         Sistematika Penulisan
ü  BAB 2 TINJAUAN UMUM
·         Gambaran umum Perusahaan/lapangan
·         Struktur Organisasi dan job Deskripsi
·         Sejarah Perusahaan/lapangan
·         Sistem yang sedang berjalan
ü  BAB 3 URAIAN KEGIATAN
·         Tabel Kegiatan pelaksanaan PPKL
·         Uraian kegiatan PPKL
ü  BAB 4 PEMBAHASAN MASALAH (sesuai dengan topik)
·         Permasalahan
·         Usulan pemecahan masalah


ü  BAB 5 PENUTUP
·         Kesimpulan
·         Saran
2.1.3.   BAGIAN AKHIR
ü  DAFTAR PUSTAKA
ü  LAMPIRAN
·         Surat Keterangan diterima PPKL dengan kop surat, tanda tangan dan
stempel asli dari perusahaan/lapangan
·         Surat Keterangan selesai PPKL dengan kop surat, tanda tangan dan stempel
asli dari perusahaan/lapangan
·         SK PPKL
·         Foto Kegiatan
·         Sumber Dokumen

Berikut adalah bab IV untuk masing-masing topik :
Untuk Topik : PERAKITAN PC
BAB IV PEMBAHASAN
ü  Permasalahan
·         Mendeskripsikan bagai mana cara memperbaiki PC yang rusak.
·         Misal : Bentuk pendahuluan harus menjelaskan dahulu mengenai ringkasan isi buku serta poin-poin sentral yang ditonjolkan sehingga laporan dapat mencerminkan kegiatan PPKL.
ü  Ulasan permasalahan
·         Menjelaskan lebih rinci dari permasalahan dalam memperbiki PC yang rusak.
·         Missal : melakukan pengetesan Power Suplay (PS) dengan menggunakan tester.

BAB IV PEMBAHASAN MASALAH
Ø  Permasalahan
·         Mendeskripsikan permasalahan yang timbul pada sistem informasi yang menjadi pokok bahasan.
Ø  Usulan pemecahan masalah
·         Melakukan desain sistem yang diusulkan (Desain Proses, Desain Data, desain interface)
Untuk Topik : Jaringan
BAB IV PEMBAHASAN MASALAH
Ø  Permasalahan
·         Mendeskripsikan permasalahan yang timbul pada jaringan computer yang menjadi pokok bahasan(infrastruktur, manajemen IP & bandwith)
Ø  Usulan pemecahan masalah
·         Melakukan desain jaringan yang diusulkan (infrastruktur, manajemen IP & bandwith)
·         Implementasi jaringan (Bila diminta oleh perusahaan/lapangan)

2.2.TEKNIK PENULISAN
ü  Ukuran kertas A4, 70 Gram
ü  Batas kanan & batas atas 3 cm, sedangkan batas bawah dan batas kiri 4 cm
ü  Jarak Ketikan adalah 2 (dua) spasi
ü  Tipe font Time New Roman
ü  Penomoran Bab serta subbab
ü  Ukuran huruf 12
- Bab dinomori dengan menggunakan angka romawi.
- Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor
bab/subbab dimana bagian ini terdapat.
Contoh :
II ………. (Judul Bab)
2.1 ………………..(Judul Subbab)
2.2 ………………..(Judul Subbab)
2.2.1 ………………(Judul Sub-Subbab)
- Penulisan nomor dan judul bab di tengah; dengan huruf besar, ukuran font 14,
tebal.
- Penulisan nomor dan judul subbab; dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar,
ukuran font 12, tebal.
ü  Penomoran Halaman
- Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil
(i,ii,iii,iv,…).Posisi di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul
dan lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
- Bagian inti, nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari bab
pertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal
bab di bagian bawah tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
- Bagian akhir, nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin
dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian inti.
ü  Judul dan Nomor Gambar / Grafik / Tabel
- Judul gambar/grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar.
- Judul tabel diketik di bagian atas kiri dari tabel.
- Penomoran gambar/grafik/tabel tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh :
gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab III.






2.3.ATURAN PENCETAKAN LAPORAN PPKL
Ø  Satu kelompok PPKL hanya mencetak satu buku laporan PPKL
Ø  Cover laporan adalah Soft Cover berwarna biru dengan format seperti pada
lampiran
Ø  Tebal laporan minimal 20 halaman (Bab 1 – Bab 5), belum termasuk lampiran

2.4.MEKANISME PENYERAHAN LAPORAN PPKL
Ø  Laporan praktek kerja yang telah ditanda tangani pembimbing disahkan ke PANITIA
(distempel)
Ø  Laporan yang telah disahkan diserahkan ke perpustakaan

Lampiran
1.      Form PPKL-1 Persetujuan Perusahaan/lapangan

2.      Form PPKL-2 Pengajuan PPKL

3.      Form PPKL-3 Tabel Kegiatan pelaksanaan PPKL

4.      Form PPKL-4 Penilaian untuk perusahaan/lapangan

5.      Form PPKL-5 Lembar Konsultasi Bimbingan

6.      Format Laporan PPKL
ü  Format Halaman Sampul Laporan PPKL
ü  Format Halaman Pengesahan PPKL

7.      Form PPKL-6 Pengajuan Seminar PPKL

8.      Form PPKL-7 Berita Acara PPKL

9.      Form PPKL-8 Presensi Peserta Seminar PPKL


BAB IV
PENUTUP


4.1.   Kesimpulan